Menulislah, Karena Kalian Manusia Sejarah


Ide untuk menulis tema tentang menulis sebenarnmya sudah sangat lama timbul di otak. Namun karena banyaknya godaan untuk apatis terhadap kegiatan tulis menulis, akhirnya Saya koma dari dunia kepenulisan. Ada ungkapan menarik dari kakak kelas Saya sewaktu bersekolah di tingkat menengah atas dulu. Ungkapan tersebut adalah “Menulislah, karena kita adalah manusia sejarah!” mungkin ungkapan ini adalah ungkapan klise jika di gemborkan kepada sahabat seperguruan Saya dahulu. Namun, Saya hanya ingin membangkitkan kembali semangat yang ada dalam ucapan ini.

Adakah kalian tahu perbedaan antara manusia sejarah dengan pra-sejarah? Seperti yang diungkapkan dalam buku Colin Renvew yang berjudul Prehistory The Making Of The Human Mind. Pengertian zaman pra-sejarah adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada masa disaat catatan sejarah yang tertulis belum tersedia. Sementara zaman sejarah adalah zaman dimana sudah ada catatan atau tulisan. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa batas antara zaman pra-sejarah dengan zaman sejarah adalah ketika mulai adanya tulisan. Dengan kata lain, manusia yang hidup di zaman pra-sejarah adalah mereka yang belum mengenal tulisan atau belum bisa menulis.

Maksud menulis disini bukanlah suatu hal yang muluk-muluk seperti membuat mahakarya berupa karya tulis ataupun jurnal. Menulis disini adalah mulai untuk membuat karya kecil-kecilan seperti membuat catatan harian, mengkritisi akan sesuatu yang terjadi disekitar kita, dan juga menulis sebuah pendapat akan permasalahan yang terjadi.

Menulis merupakan pekerjaan yang agung karena dengan tulisan bisa memberikan pengetahuan dan petunjuk bagi pembaca. Selain itu, menulis juga bisa membuat usia manusia menjadi abadi seperti apa yang dikatakan Pramoedya Ananta Toer.


Kembali kepada topik tentang manusia pra-sejarah dan sejarah. Pilihan untuk menjadi manusia pra-sejarah yang tak mengenal tulisan dan manusia sejarah yang bisa menulis ada di tangan kalian. Karena hidup adalah pilihan.




Komentar

Postingan Populer