Mantra Kedua Puluh Dua Bagi Penulis Pemula, Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

 

Judul                : Mantra Kedua Puluh Dua Bagi Penulis Pemula, Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Resume Ke      : 22

Gelombang      : 28

Tanggal            : 27 Februari 2023

Tema                : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Narasumber     : Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd.

Moderator        : Sim Chung Wei, S.P.

 


 "Teknologi hanyalah alat. Dalam hal membuat anak-anak bekerja bersama dan memotivasi mereka, guru adalah yang paling penting." - Bill Gates

***

Layar laptop mulai menyala, mengawali perjalanan Damar untuk mengikuti Kelas Belajar Menulis secara daring. Kopi dan camilan sudah disiapkan di meja. Headset pun sudah melambai-lambai untuk dikenakan di telinga.

Link zoom mulai loading ketika jari jemari Damar memencetnya. Wajah-wajah bahagia yang haus akan ilmu mulai muncul ke layar kaca. Memang pertemuan kelas belajar menulis malam ini tidaklah biasa, karena penyampaian materi dilakukan dengan cara yang berbeda.

Dalam layar laptop, tampak moderator dan narasumber mulai bersinergi. Bapak Sim Chung Wei, selaku moderator mulai membuka acara. Kemudian dilanjutkan oleh Pak Catur Nurrochman Oktavian selaku Redaksi Pelaksana Majalah Guru PGRI untuk mengisi materi tentang Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru.



Narasumber pun mulai menjelaskan bahwa Majalah Suara Guru adalah majalah yang diterbitkan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI). Majalah ini rutin terbit bulanan sejak tahun 1950-an, hingga kini. Pada awal berdirinya PGRI, media organisasi ini merupakan media komunikasi dan perjuangan, karena PGRI berdiri seratus hari setelah proklamasi, di masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Seiring perkembangannya, kini majalah suara guru terbit dwi bulanan memuat tulisan para guru tentang pendidikan, kegiatan organisasi, dan risalah hasil kongres PGRI.

Selanjutnya Bapak Catur mengemukakan bahwa Majalah Suara Guru yang terdiri dari 76 halaman dan dicetak dengan kertas glossy memiliki berbagai macam rubrik. Rubrik tersebut adalah Suara Utama, Opini, Organisasi, Edutainment, Oase, Percik, Inspiratif, Sekolah, Bahasa, Sastra, dan Destinasi.

Rubrik Suara utama berisi liputan utama yang berisi tentang informasi kebijakan tata kelola guru. Kemudian untuk rubrik opini, berisi gagasan guru-guru terkait dengan dunia pendidikan. Lalu rubrik sastra berisi cerpen, puisi, maupun pantun.

Untuk guru-guru yang suka melakukan perjalanan bisa mengirimkan tulisan tentang pengalaman perjalanan wisatanya yang akan dimuat di rubrik destinasi.

Kami persilahkan bagi guru-guru untuk menulis di majalah suara guru. Karena majalah ini sangat terbuka bagi guru swata, negeri, madrasah, maupun dosen.

“Kita tahu bahwa literasi sangat penting bagi guru. Literasi bisa dilakukan dengan membaca dan menulis. Karena menulis dan membaca bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan,” ucap narasumber.

Selanjutnya narasumber menjelaskan tentang tips dan syarat agar tulisan bisa diterima dalam rubrik opini. Dalam rubrik ini, narasumber menekankan untuk tulisan yang dikirim haruslah tulisan asli. Redaksi Majalah akan memblacklist bagi penulis yang plagiat. Beliau menjelaskan bahwa lebih baik tulisan biasa saja, daripada bagus tapi plagiat. Sebagai pendidik, kita harus mengedepankan integritas. Kemudian syarat berikutnya adalah tidak tidak boleh menyerang pribadi seseorang apalagi menyinggung SARA. Lalu tema harus aktual dan ditulis dengan bahasa populer, komunikatif, lugas, dan enak dibaca. Terakhir, untuk jumlah kata dalam menulis opini adalah 700 karakter dengan diketik menggunakan spasi satu setengah.

Bagi guru yang ingin berbagi praktik baik, redaksi majalah menyediakan rubrik praktik baik. Rubrik ini bisa ditulis antara 400-500 karakter dalam bentuk narasi atau deskripsi.  Kemudian bagi guru juga bisa mengirimkan liputan sekolah atau perguruan tinggi.

 Bagi guru yang ingin mengirim tulisan ke Majalah Suara Guru bisa mengirim ke alamat email majalah.suaraguru@gmail.com. Kemudian bagi yang ingin membeli majalah guru bisa menghubungi Bu Widya 0878-8228-9299

 

Narasumber sedang menjelaskan Majalah Suara Guru PGRI

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer