CERITA 2 # TAHU ISI SEBAGAI SOLUSI BUKA PUASA KETIKA ADZAN TIBA

 

CERITA 2 # TAHU ISI SEBAGAI SOLUSI BUKA PUASA KETIKA ADZAN TIBA



Dari sekian banyak hidangan pembuka di bulan puasa, mulai dari risol, martabak, dimsum, bakwan, dan teman-temannya. Pilihanku tetap yang nomor satu adalah tahu isi. Berdasarkan sumber yang saya baca, tahu isi merupakan hidangan gorengan yang berbahan dasar tahu dan isi berupa tumis sayuran ataupun bihun. Tumis sayuran yang dimasukkan ke dalam tahu bisa berupa campuran wortel, kol, tauge dengan tambahan berupa cabai, bawang merah dan bawang putih yaang dihaluskan.

Untuk menikmati tahu isi, biasanya saya membeli di ruko Perumahan Harapan Baru, Sepanjang Jalan Rawa Bebek, dan di depan SDN 1 Kotabaru.  Namun dari semua penjual tahu isi yang ada di kota ini, tahu isi yang menjadi favorit saya adalah tahu isi buatan Bu Tuti di Perumahan Dieng, Kota Malang. Tahu isi yang dibuat Bu Tuti, sangatlah beda dengan tahu isi lainnya. Ibu dengan satu anak ini, meracik bumbu tahu isi dengan baik. Selain itu, komposisi sayuran yang ada di dalam tahunya juga pas. Kemudian tahu yang digoreng dengan balutan tepung semakin membuat crunchy. Bu Tuti pernah bercerita jika tetangganya yang suka ke Australia, biasa memesan tahu isi untuk dibawanya sebagai bekal di perjalanan menuju negara aborigin.

Di Bulan Ramadhan yang tiap sore penjual jajanan buka puasa merebak laksana jamur di musim hujan, tahu isi bisa menjadi solusi untuk membatalkan puasa ketika adzan magrib telah tiba. Ditemani dengan secangkir es teh dan juga butiran kurma, lengkap sudah menu pembuka buka puasa di hari ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer