Cerita Ramadhan 6 # Diskusi Tentang Sikap Pelaku Usaha Terhadap Pesaingnya

 



Hari ini di kelas 5A kami masih belajar tentang kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah salah satu faktor utama dalam menentukan tingkat kesejahteraan masyarakat suatu negara. Kegiatan ekonomi mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Tujuan utama dari kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan umum.

Peran kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sangat penting dan tidak dapat dipandang sebelah mata. Salah satu peran utama kegiatan ekonomi adalah sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pertumbuhan ekonomi menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia.

Di dalam buku tematik tema 8 subtema 3, anak-anak diminta untuk  berdiskusi tentang Sikap Pelaku Usaha Terhadap Pesaingnya. Saya membagi anak-anak dalam beberapa kelompok. Di mana satu kelompok terdiri dari dua sampai tiga orang. 

Di dalam kelompok itu, mereka akan mendiskusikan tentang sikap pelaku usaha terhadap pesaingnya. Setelah selesai berdiskusi, salah satu anggota kelompok akan menuliskan hasil diskusinya di papan tulis seperti yang terlihat di bawah ini. 



Ternyata hasil diskusi anak-anak sangat bervariasi. Ada yang menuliskan sikap yang harus dilakukan pengusaha terhadap pesaingnya adalah jangan saling menjatuhkan, sesama pengusaha harus saling tolong menolong dan menghormati. Ada juga yang menuliskan tentang persaingan yang sehat dan tidak boleh iri. 

Setelah selesai menulis di papan tulis, kemudian saya meminta para siswa yang menulis di papan tulis untuk menjelaskan alasannya. Dan jawaban mereka sangat rasional. Semoga di bulan yang penuh berkah ini, meskipun anak-anak dalam kondisi puasa. Mereka bisa mengoptimalkan kemampuan dalam belajar. 

Komentar

Postingan Populer