Mantra Kelima Belas Bagi Penulis Pemula, Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

 

Judul                : Mantra Kelima Belas Bagi Penulis Pemula, Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Resume Ke      : 15

Gelombang      : 28

Tanggal            : 10 Februari 2023

Tema                : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber     : Yulius Roma Patandean, S.Pd.

Moderator        : Arofiah Afifi, S.Pd.

 


Damar sangat menikmati suasana di Kalimetro, Malang. Di sini terhampar sawah yang luas dengan pemandangan gunung Panderman dan juga Gunung Putri Tidur karena bentuknya bagaikan putri yang sedang tertidur. Bukan tanpa alasan Damar datang ke Kalimetro, ia diundang Komunitas Literasi Malang untuk berdiskusi dengan Bapak Yulius Roma Patandean, seorang penulis dan editor profesional. Beberapa buku beliau telah diterbitkan diantaranya buku berjudul Guru Menulis Guru Berkarya (Penerbit Eduvation, 2020); Digital Transformation: Generasi Muda Indonesia Menghadapi Transformasi Dunia (Penerbit ANDI, 2020); Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif (Penerbit ANDI, 2021).

Damar dan teman-teman komunitas literasi bersama dengan Pak Yulius memilih gazebo sebagai tempat untuk diskusi. Sambil menikmati kopi dan juga sajian jajanan pasar, mereka diskusi tentang Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis.



Diskusi ini dimoderatori oleh Bu Arofiah Afifi, beliau membuka diskusi dengan doa. Setelah itu beliau memandu diskusi bersama dengan Pak Yulius.

Pak Yulius pun memulai diskusi tentang alasan penulis menyusun buku secara sistematis. Hal ini dilakukan agar buku yang dicetak bisa menarik pembaca. Sehingga perlu sentuhan menarik dalam bagian finalisasi.

Beliau melanjutkan, dalam menyusun buku secara sistematis penulis bisa menggunakan aplikasi microsoft word. Intinya, penulis harus terus mencoba dan mencoba. Karena dengan konsisten mencoba akan memberikan pengalaman tersendiri yang positif bagi penulis. Selain itu penulis juga bisa menggunakan aplikasi Mendeley dan Zetero. Aplikasi ini merupakan software pengelola referensi. Mendeley bisa didownload untuk versi desktop dan ikuti petunjuk installya di https://www.mendeley.com/ Sementara itu untuk aplikasi Zotero bisa didownload di https://www.zotero.org/

Sambil menikmati kopi dan sajian yang ada, para peserta diskusi pun silih berganti mengajukan pertanyaan. Salah satu pertanyaan diajukan oleh Damar sambil mengangkat tangan.

“Maaf, izin berntanya Pak! Saya sangat tertarik untuk menulis buku, tapi belum mengetahui tentang bagaimana langkah menyusun buku sistematis. Mohon pencerahannya pak!” ucap Damar.

“Pertanyaan yang bagus! Ada banyak langkah dalam menyusun buku sistematis. Adapun langkah-langkahnya adalah mencari sumber ide yang menarik, menyusun naskah, mencari dan menentukan referensi, mengasah gaya kepenulisan, dan mengedit naskah tulisan.” Jawab Pak Yulius.

Pak Yulius pun menambahkan bahwasannya dalam melakukan proses editing, beliau memberi tahu tautan youtube untuk memperdalam pengetahuan peserta diskusi. Seperti cara membuat judul, bab, dan sub judul secara otomatis bisa dilihat di link https://youtu.be/jXPr59aWJSc . Kemudian cara untuk membuat daftar isi, kutipan, idex dan daftar pustaka secara otomatis bisa dipelajari di link ttps://youtu.be/eePQwyHAcjw. Dan untuk membuat indeks secara otomatis bisa dipelajari melalui https://youtu.be/jXPr59aWJSc .

Bu Afifi masih memberikan kesempatan bagi peserta diskusi untuk bertanya. Akhirnya Samsul pun mengangkat tangan untuk bertanya tentang trik jitu dalam menyusun buku.

“ Dalam menyusun buku kalian bisa menggunakan trik CLBK, trik ini merupakan singkatan dari Coba, Lakukan, Budayakan, dan Konsisten. Penulis harus terus mencoba untuk menulis. Jika timbul rasa malas untuk menulis karena tulisan kurang bagus, maka abaikanlah. Lebih baik untuk melakukan menulis meskipun tulisan itu jelek daripada tidak menulis sama sekali. Setelah melakukan, makan upayakan menulis sebagai budaya yang menjadi kebiasaan atau konsisten dilakukan. Jika semua hal ini telah terbiasa dilakukan, niscaya jalan untuk menjadi penulis hebat akan terbuka lebar.” Ucap Pak Yulius memberikan motivasi pada peserta diskusi.


 

 

Komentar

Postingan Populer